Sunday, 11 November 2018

“SELERA BAKERY & PASTRY”

“SELERA BAKERY & PASTRY”

Selera bakery adalah salah satu perusahaan home industri yang didirikan sekitar 8 tahun yang lalu di Pekalongan. Pendirinya adalah seorang ibu rumah tangga yang bernama Indriani. Ibu Indriani lahir di Pekalongan 14 Februari 1976 dan sekarang berumur 42 tahun, sudah menikah dan mempunyai 2 orang anak. Ibu Indriani tinggal di jl.Raya jeruksari, Kedukuhan, Pekalongan, disana juga tempat dimana ibu Indriani memproduksi pesanan roti dari pelanggannya. Sebelum membuka usaha roti ini, beliau bekerja selama kurang lebih 10 tahun di salah satu perusahaan di daerah panjang bagian office. Hal tersebut sesuai dengan jurusan yang beliau ambil yaitu  lulusan dari SMK N 2 Pekalongan jurusan perkantoran.
Berawal dari hobi dan modal pengalaman kerja di bagian pembukuan, ibu Indriani memulai bisnisnya dengan modal sendiri pada tahun 2010. Pada saat itu hanya ada beberapa pesanan saja dari teman-temanya, lalu kemudian beliau memutar otak dan berinisiatif untuk menjualnya dipasar-pasar dan warung terdekat. Beliau memaparkan jika motivasinya ia dapatkan dari gurunya saat SMA, yaitu “jika jadi seseorang jangan pernah malu untuk menjalankan usaha apapun dan harus ada mental baja agar kita selalu bertahan”. Karena tekat dan ketekunannya,  pesanan mulai datang setiap harinya. Dan akhirnya beliau keluar dari tempat kerja sebelumnya dan lebih menekuni hobinya untuk menghasilkan uang. Ibu Indriani mempromosikan usahanya hanya dari mulut ke mulut saja, yang di awali dari keluarga, tetangga, dan teman-teman sekitar. Kemudian tahun berikutnya beliau mencari pegawai untuk membantunya memproduksi roti pesanan. Dari yang awalnya dibuat sendiri dengan modal 1 mixer kecil dan oven kecil sekarang sudah mempunyai 25 karyawan yang membantunya memproduksi roti.
Selera bakery sekarang sudah berkembang pesat sejak tahun awal, dari moto beliau yang ingin tampil beda dari yang lain yaitu  produknya berbahan bolu, bukan roti sobek seperti produk yang lain jadi kualitasnya lebih bagus,  bahkan yang saya kagumi dari sosok ibu Indriani adalah beliau tetap bertahan di dunia bisnis ini tanpa mengunakan sistem online atau media sosial untuk mempromosikan usahanya. Tetapi setiap harinya tetap banyak pesanan yang didapat. Beliau masih menggunakan handphone jadul untuk transaksi dengan para customernya. Sampai sekarang beliau sudah membuka toko Bakery sendiri di 3 cabang. Yang pertama di daerah Bebel(Wiradesa), Ulujami, danPoncol. Stretegi yang baik dari beliau adalah saat beliau membuka cabang di daerah yang menurut beliau tidak ada toko roti sebelumnya, karena beliau ingin bersaing secara sehat. Jika saat order menurunpun, beliau tetap memproduksi roti tapi mungkin ukurannya lebih kecil,  yang terpenting pegawainya bekerja.Mmenurut beliau banyak orang yang menggantungkan hidupnya kepada produk rotinya.
Saat ini usaha beliau sudah cukup dikenal di daerah pekalongan. Selain bisnis bakery, beliau juga punya tambak bandeng yang dikelola oleh suaminya. Tips sukses dari beliau adalah jangan takut mencoba, siapkan mental percaya diri yang kuat, jangan takut gagal. Kita cari kepercayaan pelanggan dulu, nanti lama-kelamaan kualitas yang baik pasti akan bertahan di dunia Bisnis. Salah satu alasan beliau tidak ingin menggunakan media sosial atau via WA dan BBM dalam promosi produknya karena untuk menjaga kualitas. Beliau tidak ingin pelangganya kecewa jika ada produk yang di foto tidak sesuatu dengan pesanan atau keinginan pelanggan. Dan itu dapat meminimalisir komplain dari pelanggan.



TEMPAT PRODUKSI SELERA BAKERY & PASTRY






PROFIL PENULIS

NAMA                              : RIMA FITRIANI
TEMPAT, TGL LAHIR   : PEKALONGAN, 14 NOVEMBER 1995
UMUR                              : 23 TAHUN
ALAMAT                         : DESA TEGALDOW RT 04 RW  02
                                              KEC.TIRTO, KAB.PEKALONGAN
AGAMA                                       : ISLAM
STATUS                           : MENIKAH
HOBI                                : MENULIS
PENDIDIKAN                  : 1. SD N TEGALDOWO
                                           2. SMP N 8 PEKALONGAN
                                                   3. SMA MUHAMMADIYAH 01 PKL
                                                   4. IAIN PEKALONGAN


taufiq abadi

Author & Editor

bekerja keraslah selagi masih muda, perbanyak usaha dan doa dan sisakan waktumu untuk orang2 yang kamu cintai

0 comments:

Post a comment