Monday, 6 February 2017

Proposal Usaha "FROZEN CHOCO DIPPED BANANA"



PROPOSAL BUSINESS PLAN
FROZEN CHOCO DIPPED BANANA


Diajukan untuk Memenuhi Tugas Akhir Semester
pada Mata Kuliah Kewirausahaan
Dosen Pengampu : M. Taufiq Abadi, MM
 












Disusun Oleh :
1.      Afa Farizka                       (2013114068) 
2.      Aulia Trias Risqiana         (2013114178)
3.      Dini Mardiani                    (2013114179)
4.      Kriski Romdianah            (2013114191)



PROGRAM STUDI EKONOMI SYARIAH
JURUSAN SYARIAH DAN EKONOMI ISLAM
SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM NEGERI (STAIN)
PEKALONGAN
2016

BAB I
PENDAHULUAN

            Secara geografis Indonesia merupakan negara agraris, tanah yang subur dengan hamparannya yang hijau. Hal tersebut sangat mendukung Indonesia untuk meningkatkan hasil produksi hasil pertanian. Namun hasil produksi bisa berkwalitas rendah karena adanya pengaruh krisis perekonomian yang menurun. Maka untuk menjaga agar kualitas dan komoditas hasil pertanian terutama petani yang menanam pohon pisang tetap tinggi maka perlu adanya pengolahan pemanfaatan hasil yang lebih luas dan kaya akan ide-ide atau gagasan baru. Selama ini, pisang hanya diolah menjadi sebuah cemilan seperti kripik, pisang goreng dan lain-lain tanpa adanya inovasi baru.
            Melihat hal tersebut, kami mencoba membuat cemilan yang terbuat dari pisang menjadi cemilan yang inovasi. Selain itu, dengan melihat perkembangan zaman yang semakin maju sekarang ini kebutuhan manusia akan gizi semakin meningkat. Setiap manusia membutuhkan makanan yang bergizi untuk menjamin kesehatannya. Sehingga membuka kesempatan  bagi kami untuk membuat usaha cemilan ini yang bergizi dan disukai banyak orang yang suka makanan-makanan kecil, kami yakin usaha ini akan berhasil dan menguntungkan.
            Untuk mengantisipasi turunnya harga jual produk pertanian (Pisang) serta mempertahankan perekonomian industri rumah tangga agar tetap stabil maka perlu adanya gagasan yang lebih luas, bermutu dan bermanfaat serta berkwalitas tinggi yaitu dengan memanfaatkan hasil pertanian dan mengolahnya menjadi Frozen Choco Dipped Banana.






BAB II
DESKRIPSI BISNIS

A.      DATA PERUSAHAAN
Frozen Choco Dipped Banana merupakan merupakan usaha yang bergerak di bidang kuliner dengan bahan dasar pisang ambon yang diclupkan kedalam coklat dan dibekukan, kemudian diberi toping kacang kenari/almond/mede yang dicacah atau permen-permen kecil warna-warni.
Nama Perusahaan             : 2ADK Group
Bidang Usaha                  : Kuliner
Jenis Produk/ Jasa            : Makanan Ringan Sehat
Alamat Perusahaan          : Pekalongan
Nomor Telepon                : 0823-2651-1163
Alamat Email                   : dinimardiani3396@gmail.com
Mulai berdiri                    : 22 November 2016

B.       LEGALITAS
Legalitas dalam usaha ini belum begitu diperhatikan mengingat jenis usaha yang merupakan outlet semi permanen yang belum memerlukan perijinan dari dinas setempat.

C.      STRUKTUR ORGANISASI

BAB III
ASPEK PASAR DAN PEMASARAN

A.      GAMBARAN UMUM PELUANG USAHA
Dalam kehidupan sehari-hari banyak peluang yang tanpa kita sadari ada di sekitar kita. Peluang itu jika tidak dapat kita manfaatkan dengan baik tidak akan bisa menjadi apa-apa. Peluang usaha adalah kesempatan dan waktu yang tepat untuk dimanfaatkan bagi wirausahawan untuk membuka lapangan usaha baru, tetapi hanya seorang wirausahawan yang bersifat kreatif serta berani mengambil resiko itulah wirausahawan yang akan mencapai titik keberhasilan. Peluang uasah yang baru, biasa didapat dan dipilih sangat bergantung pada beberapa hal yaitu minat, modal dan relasi.
Dilihat dari peluang yang ada di daerah Pekalongan dan sekitarnya maka kami mencoba membuat sebuah produk dari olahan pisang. Kami yakin produk yang kami tawarkan akan menarik konsumen karena produk yang kami buat masih jarang ditemukan di daerah Pekalongan dan sekitarnya.

B.       STRATEGI PEMASARAN
PENGEMBANGAN WILAYAH PEMASARAN
Wilayah yang kami jangkau tidak hanya wilayah Pekalongan saja, tetapi kami juga akan memasarkannya ke daerah lain yang dapat dijangkau seperti Pemalang, Batang, dan sekitarnya.

C.      STP PRODUK
1.         Segmentasi
Segmentasi pasar adalah  proses pembagian pasar ke dalam subset pelanggan dengan kebutuhan yang sama dan mempunyai ciri – ciri yang dapat diarahkan atas tanggapan mereka sehingga dapat dilakukan cara – cara yang sama bagi produk tertentu yang ditawarkan termasuk program pemasarannya. Disini kami akan menjualkan produk keseluruh lapisan masyarakat.
2.         Targeting
Target pasar adalah pasar yang hendak dilayani dalam menjual barang atau jasa, berdasarkan segmen yang telah ditetapkan. Konsumen yang kami tuju adalah anak-anak usia sekolah.
3.         Positioning
Positioning adalah melakukan tindakan mendisain penawaran serta citra perusahaan sehingga target perusahaan dapat mengetahui serta menilai kedudukan perusahaan disbanding pesaingnya. Jadi, positiong dilakukan dalam rangka mengetahui , jika dibandingkan dengan pesaing pesaing berada pada posisi yang mana dari perusahaan atau produk yang dijual. Dalam proses pemasaran frozen choco dippen banana ini untuk tahap awal akan kami lakukan dengan menjual di SD 1 Sidomukti Karanganyar.

D.      MARKETING MIX
1.         Product
Produk didefinisikan sebagai sesuatu yang dapat ditawarkan untuk memenuhi kebutuhan atau keinginan. Strategi produk merupakan unsure terpenting, karena dapat mempengaruhi strategi pemasaran yang lain. Pemilihan jenis produk yang akan dihasilkan dan dipasarkan akan menentukan kegiatan promosi yang dibutuhkan, serta penentuan harga dan cara penyalurannya.Produk yang kami tawarkan berupa cemilan yang inovatif yaitu frozen choco dippen banana. Dimana produk ini terbuat dari olahan pisang yang segar sehingga aman untuk dikonsomsi semua kalangan.
Selain itu kami juga menawarkan berbagai macam frozen choco dippen banana dengan variasi topping berupa topping kacang kenari/almond/mede yang dicacah atau permen-permen kecil warna-warni.


2.      Price
Price merupakan ekspresi nilai yang mengenai kegunaan atau kualitas produk itu sendiri. Harga yang kami tentukan sesuai dengan keadaan ekonomi kalangan menengah ke bawah sehingga menjangkau semua kalangan yaitu Rp. 2.000,00.
3.      Place
Place adalah bidang atau wadah yang digunakan sebagai tempat  usaha yang akan kita jalankan nantinya. Usaha ini kami akan kembangakan di tempat yang banyak anak-anak seperti sekolah. Kami yakin tempat tersebut dapat menjanjikan untuk memperoleh keuntungan yang maksimal.
4.      Promotion
Promotion adalah upaya untuk menawarkan produk atau jasa dengan tujuan menarik calon konsumen untuk membeli atau mengkonsumsinya. Kegiatan pemasaran (promosi) yang kita lakukan yaitu dengan membuat brosur dengan tampilan menarik, selain itu kita juga melalui media sosial seperti fb, twitter, instagram, dll.

E.       ANALISA SWOT
Perkembangan dunia usaha saat ini mengalami kemajuan cukup pesat, namun tingkat persaingan cukup ketat, disamping itu banyak bermunculan berbagai macam jenis produk baru, yang mempunyai satu tujuan yang sama yaitu keinginan untuk bisa menghasilkan produk yang bermutu dan dapat memberikan kepuasan bagi pelanggan atau konsumen serta memperoleh keuntungan yang besar. Analisis disini diperlukan untuk menentukan apakah usaha yang dilakukan sekarang cukup layak dari segi bisnis dalam arti bisa dipasarkan secara luas namun bisa diterima masyarakat.
Oleh karena itu kami mencoba menganalisis pemasaran jamur crispy sesuai SWOT yang merupakan suatu audit pemasaran yang rutin dan menyeluruh dalam suatu langkah yang terstruktur dapat memberi suatu perusahaan pengetahuan akan bisnis, trend di pasar, dan dimana perusahaan pesaing memberi nilai tambahan.
1.         Strengths (Kekuatan)
a.       Halal
b.      Tanpa bahan pengawet
c.       Menyehatkan
d.      Harga bersahabat
e.       Menjangkau semua kalangan
2.         Weakness (Kelemahan)
a.         Ketika terjadi hujan penjualan berkurang
b.        Banyak mengandung lemak dan gula karena terbuat dari coklat.
c.         Pisang ambon terkadang sulit didapat dan sulit untuk mencari bahan penggantinya (dalam hal rasa).
3.        Opportunities (Peluang/Kesempatan)
a.         Peluangnya cukup besar untuk dikembangkan karena usaha yang kita jalankan masih jarang ditemui.
b.        Memberikan keuntungan yang cukup besar
c.         Banyak orang Indonesia yang menyukai jenis makanan manis.
4.        Threats (Ancaman)
a.         Produk mudah ditiru
b.        Banyak pesaing yang menawarkan olahan pisang yang lebih dikenal dan menawarkan harga lebih murah (keripik).
c.         Bahan utama (pisang ambon) cepat busuk jika tidak cepat diolah.

F.       ANALISA PERSAINGAN
Dari analisis pasar dan pesaing yang kami lihat, bahwa pesaing dari usaha frozen choco dippen banana ini bukan hanya dari produk yang sejenis melainkan pesaing yang bersifat subtitusi yakni usaha eskrim dan usaha piscok. Adapun keunggulan dan kelemahan dari pesaing produk yang kami tawarkan sebagai berikut:

PESAING
KEUNGGULAN
KELEMAHAN
Es krim
Banyak varian rasa
Teksturnya lembut

·      Harga mahal
·      Cepat meleleh

Piscok
·      Harga murah
·      Mudah dijumpai

·      Tidak tahan lama




BAB IV
PENGEMBANGAN PRODUK

A.      RENCANA PENGEMBANGAN (AMDAL)
1.         Nama usaha                                      : “Frozen Choco Dipped Banana
2.         Rencana Lokasi                                : SD 1 Sidomukti, Karanganyar
3.         Sarana dan Prasarana

·           Termos es
·           Kantong Plastik



4.         Peralatan yang digunakan dan kapasitasnya :
·           Kulkas
·           Gelas
·           Stik eskrim
5.         Bahan baku
·         Pisang Ambon       
·         Meces Coklat 
·         Coklat  bubuk                 
·         Kacang kenari/almond/mede      


B.     STRATEGI DAN TAHAP-TAHAP RENCANA PENGEMBANGAN PRODUKSI
1. Mempromosikan produk ke Pekalongan dan sekitarnya.
2. Membuat varian rasa selain coklat seperti strowberry, vanilla, dll.
3. Membuka cabang atau outlet di wilayah yang akan dituju.







BAB V
ASPEK MANAJEMEN DAN SUMBER DAYA MANUSIA

A.      ASPEK MANAJEMEN WAKTU
No
Jam dan waktu operasi
Proses Produksi
1
16.00-17.00
Belanja bahan baku, bahan pembantu dan bahan pelengkap
2
17.30-19.00
Proses pembuatan produk
3
06.30-11.30
Opening kegiatan usaha

B. ANALISIS SUMBER DAYA MANUSIA (SDM)
Perencanaan tenaga kerja langsung (TKL), juga perlu memperhatikan hal-hal mengenai kualifikasi, tarif upah, jumlah tenaga yang dibutuhkan, dan persyaratan kerja.  Karena dalam usaha ini pemilik juga merupakan investor aktif yang berarti pemilik juga menjalankan pekerjaan operasional, maka system penggajian tidak dihitung secara spesifik melainkan menerima pembagian dari laba yang didapatkan. Sehingga untuk saat ini usaha pemilik belum memerlukan tenaga kerja tambahan karena masih dapat mengelola sendiri usaha ini.

BAB VI
ASPEK PRODUKSI

A.      BAHAN BAKU DAN BAHAN PENOLONG
Perencanaan bahan baku dan bahan pembantu merupakan bagian utama untuk perhitungan kebutuhan modal kerja. Hal-hal yang perlu diperhatikan adalah suplier, kuantitas, harga beli, persyaratan pembelian, ketersediaan, dan persediaan. Bahan baku yang digunakan adalah (dihitung berdasarkan kebutuhan per hari):
Bahan Baku dan Bahan Penolong
  1. Pisang Ambon 50 biji             
  2. Meces Coklat 
  3. Coklat  bubuk                        
  4. Kacang kenari/almond/mede  (1/4 kg)           
  5. Stik es krim
  6. Plastik
           
B.       PERALATAN YANG DIBUTUHKAN
1.      Kulkas
2.      Gelas
3.      Termos es

C.      SARANA PENUNJANG
1.           Air
2.           Listrik

D.      PROSES PRODUKSI
Cara membuatnya:
1.      Kupas lalu potong pisang-pisang itu melintang menjadi dua. Tancapkan stik es krim atau tusukan sate pada setiap ujung yang dipotong. Letakkan potongan-potongan pisang ini di atas nampan dan tutupi dengan plastic wrap. Masukkan ke dalam freezer selama sekitar 3 jam.
2.      Lelehkan coklat masaknya. Kalau kamu nggak punya panci khusus buat melelehkannya kamu bisa menggunakan panci yang diletakkan di atas panci berisi air yang mendidih. Mangkuknya tidak perlu sampai menyentuh air mendidihnya, cukup ada dekat di permukaannya saja. Jangan lupa untuk terus mengaduk-aduk coklatnya agar tidak gosong.
3.      Tuangkan coklat yang sudah dilelehkan ke dalam gelas yang dalam. Celupkan semua pisang yang sudah dibekukan ke dalam lelehan coklat tersebut. Setelah itu gulingkan di atas bahan taburan yang diletakkan dalam piring ceper.
4.      Letakkan pisang-pisang bersalut coklat itu di atas kertas lilin. Segera hidangkan atau bungkus lagi dengan plastic wrap kalau kamu ingin menyimpannya lagi. Frozen banana ini bisa tahan sampai 2 minggu dalam freezer.
















BAB VII
ASPEK KEUANGAN


A.  Peralatan yang dibutuhkan
No
Mesin/Peralatan
Jumlah Unit
Harga
Jumlah Harga
1
Kompor gas
1
Rp 100.000
Rp 100.000
2
Tabung gas
1
Rp 100.000
Rp 100.000
3
Gas 3kg
1
Rp 15.000
Rp   15.000
4
Nampan
1
Rp 15.000
Rp   15.000
5
Pisau
1
Rp 20.000
Rp   20.000
6
Panci
1
Rp 50.000
Rp   50.000
7
Baskom
1
Rp 10.000
Rp   10.000
Total Pembelian
Rp.  310.000

B.  Bahan Baku dan Bahan Penolong
  1. Pisang Ambon 50 biji             
  2. Meces Coklat 
  3. Coklat  bubuk                        
  4. Kacang kenari/almond/mede  (1/4 kg)
  5. Stik es krim
  6. Plastik                        
Rp. 75.000
Rp.  7.000
Rp.  15.000
Rp. 30.000
Rp. 15.000
Rp. 8000
Jumlah:
Rp.  150.000

C.  Sarana Penunjang
    No
Jenis Biaya
Jumlah Biaya (per bulan)
1
Listrik
Rp 30.000
2
Air
Rp 20.000
Jumlah
Rp 50.000
D.  Proyeksi Keuangan
Pada aspek keuangan bisnis ini mendapatkan modal dari modal sendiri sebesar Rp 400.000.
Berikut ini merupakan proyksi keungan per tahun:
a.         Biaya tetap (VC) = Biaya usaha + biaya peralatan
       = Rp 0 + 310.000
       = Rp 310.000
b.         Biaya tidak tetap (FC) per tahun
·      Biaya bahan baku
Rp 150.000/ hari x 30 hari = Rp 4.500.000 x 12 = Rp 54.000.000
·      Biaya bahan penolong
Rp 50.000 / bulan x 12 bulan = Rp 600.000
Total Biaya Tidak Tetap = Rp 54.600.000
c.         Biaya produksi satu tahun
Biaya tetap + biaya tidak tetap = Rp 310.000 + Rp 54.600.000
     = Rp 54.910.000
E.  Proyeksi Penjualan
Target penjualan perhari 50 bungkus x Rp 2.000
Pendapatan per hari           = Rp 100.000
Pendapatan per bulan        = Rp 3.000.000
Pendapatan per tahun        = Rp 36.000.000










BAB VIII
ASPEK EKONOMI DAN SOSIAL

A.      Dampak terhadap lingkungan masyarakat
a.         Masyarakat dapat mengenal olahan baru dari pisang yang mudah dibuat dan sehat dikonsumsi

B.       Dampak terhadap industri lain
a.         Bagi usaha yang sejenis tentunya akan berdampak pada meningkatnya persaingan.
b.         Meskipun menjadi pesaing, usaha yang sejenin juga bisa menjadi patner.

c.          
BAB IX
KESIMPULAN

            Demikian proposal business plan “Frozen Choco Dipped Banana ini kami susun. Dari analisi dan rencana yang kami susun, maka dapat disimpulkan bahwa rencana usaha Frozen Choco Dipped Banana ini dapat direalisasikan dan layak untuk usaha mikro terutama bagi pengusaha pemula seperti kami. Karena selain produk yang belum banyak pesaing di Pekalongan ini juga biaya yang digunakan untuk modal utama tidak terlalu besar.

taufiq abadi

Author & Editor

bekerja keraslah selagi masih muda, perbanyak usaha dan doa dan sisakan waktumu untuk orang2 yang kamu cintai

0 comments:

Post a Comment