PROPOSAL
BUSINESS PLAN ES KRIM SINGKONG
“BING
QI LIN KONG”
Diajukan untuk Memenuhi Salah Satu Tugas
Pada
Mata Kuliah Kewirausahaan
Dosen Pengampu: M. Taufiq
Abadi, M.M
Disusun Oleh:
1.
Nurul
Isriyah (2013114208)
2.
Khoridlotun
Masruroh (2013114209)
3.
Windita
Septiana (2013114211)
4.
Fauziyah
Rinjani (2013114350)
Kelas : B
PROGRAM STUDI EKONOMI
SYARIAH
JURUSAN SYARIAH DAN
EKONOMI ISLAM
INSTITUT AGAMA ISLAM
NEGERI (IAIN)
PEKALONGAN
TAHUN 2016
HALAMAN PENGESAHAN
USULAN PROGRAM KREATIVITAS MAHASISWA
A. Judul Kegiatan : Es Krim Singkong “Bing Qi
Lin Kong”
B. Bidang Kegiatan : Kewirausahaan
C. Jurusan : Syariah dan Ekonomi Islam
D. Program Studi : Ekonomi Syariah
E. Pelaksana Kegiatan
(1)
1.
Nama Lengkap : Nurul Isriyah
2.
NIM :
2013114208
3.
Perguruan Tinggi : IAIN Pekalongan
4.
Alamat Rumah : Rembun Kec.Siwalan Kab. Pekalongan
5.
No.HP :
085701322466
6.
BBM :
-
7.
Email :
Nurulisriyah5@gmail.com
Pelaksana Kegiatan (2) :
1.
Nama Lengkap : Khoridlotun Masruroh
2.
NIM :
2013114209
3.
Perguruan Tinggi : IAIN Pekalongan
4.
Alamat Rumah : Kampil Kec. Wiradesa Kab. Pekalongan
5.
No.HP :
085799233132
6.
BBM :
-
7.
Email :
k.dlotun.love9c@gmail.com
Pelaksana kegiatan (3)
1.
Nama :
Windita Septiana
2.
NIM :
2013114211
3.
Perguruan Tinggi : IAIN Pekalongan
4.
Alamat Rumah : JL.Rasamala Raya I No.31
Slamaran
5.
No.HP : 085642820863
6.
BBM :
-
7.
Email :
winditawind@gmail.com
Pelaksana
kegiatan (4)
1.
Nama : Fauziyah Rinjani
2.
NIM : 2013114350
3.
Perguruan Tinggi : IAIN Pekalongan
4.
Alamat Rumah : Karangjompo Kec.
Wiradesa Kab.
Pekalongan
5.
No. HP :
085226467861
6.
BBM :-
7.
Email :
Rinjanimochi11@gmail.com
8.
Dosen Pendamping
1.
Nama Lengkap : M. Taufiq Abadi, M.M
2.
Biaya Kegiatan :
Pekalongan, Desember 2016
Menyetujui,
Dosen Pengampu
M.
Taufiq Abadi M.M
KATA
PENGANTAR
Segala puji bagi Allah S.A.W.
karena rahmat dan hidayah-Nya kami dapat menyelesaikan makalah ini dengan penuh
kemudahan. Tanpa
pertolongannya mungkin penyusun tidak akan sanggup menyelesaikan dengan baik.
Makalah ini di susun oleh penyusun dengan berbagai
rintangan. Baik itu yang datang dari diri penyusun maupun yang datang dari
luar. Namun dengan penuh kesabaran dan terutama pertolongan dari Allah SWT
akhirnya makalah ini dapat terselesaikan.
Makalah ini memuat tentang “Business Plan Es Krim Singkong”. Maksud dan tujuan dari
peyusunan makalah ini adalah sebagai tugas akademis yang diberikan dosen pada
mata kuliah Kewirausahaan. Kami juga
menyadari bahwa makalah ini masih jauh dari sempurna, untuk itu saran dan
kritik yang bersifat membangun kami harapkan. Dan semoga makalah ini dapat
bermanfaat untuk pembaca serta kami para penyusun pada khusunya.
Peyusun
BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar
belakang
Singkong
merupakan tanaman yang mengandung karbohidrat tinggi. Kebanyakan
orang menganggap singkong hanyalah makanan jaman kuno yang dianggap makanan
yang ketinggalan jaman. Adapun orang yang mengkonsumsi singkong hanya sebagai
makanan tambahan dalam bentuk umbi rebus, goreng
dan makanan kecil seperti keripik. Perlu kita ketahui bahwa singkong dapat
digunakan untuk dijadikan olahan makanan yang
beragam. Salah satu pemanfaatan singkong adalah mengolahnya menjadi es krim. Es
krim merupakan makanan yang sudah tidak asing lagi bagi masyarakat umum.
Membayangkan es krim akan terbayang kelembutan dan kelezatan rasanya. Rasa yang
manis, gurih, dingin dan lembut amat menggugah selera. Es krim yang biasanya
terdapat di sekitar kita biasanya terbuat atau berbahan dasar susu cair. Namun
dalam hal ini kami akan menjadikan es krim yang berbeda dari biasanya, yaitu
dengan mengganti bahan dasarnya dengan singkong.
1.
Nama
produk
Agar
produk kita mudah di kenal oleh masyarakat luas maka kami memberikan sebuah
nama unik pada produk kita yaitu dengan nama “Bing Qi Lin Kong”.
Dimana Bing Qi Lin diambil dari bahasa mandarin yang artinya es krim dan kong
adalah kependekan dari singkong jadi Bing Qi Lin Kong adalah es krim yang
berbahan dasar singkong.
2.
Visi
dan Misi
Visi :
Menjadi produsen yang dikenal dengan produk yang berkualitas
Misi :
·
Berusaha menciptakan inovasi baru untuk es krim singkong
·
Berusaha meningkatkan dan mengutamakan kualitas produksi es krim singkong
·
Berusaha memberikan pelayanan yang profesional dan terbaik kepada konsumen
·
Memberikan tempat yang nyaman dan bersih untuk pengunjung
3.
Tujuan
usaha
Adapun tujuan
dalam bisnis es krim ini adalah:
1.
Untuk
menerapkan jiwa berwirausaha
2.
Melatih
kemandirian
3.
Meningkatkan taraf
hidup lebih baik untuk memperoleh keuntungan
4.
Menciptakan
lapangan pekerjaan
4.
Deskripsi
usaha
Bisnis
yang kami rencanakan adalah sebuah bisnis di bidang kuliner, dimana dalam hal
ini kami lebih memilih pada produk es krim. Kami mencoba untuk dapat
menciptakan es krim yang berbeda dari biasanya, yaitu es krim dengan
menggunakan bahan dasar dari singkong. Target kami dalam usaha es krim berbahan
dasar singkong ini adalah untuk semua kalangan. Karena menurut kami es krim
dapat disukai oleh semua kalangan mulai dari anak-anak hingga orang dewasa.
Selain hal itu alasan lain yang mendukung kami adalah karena es krim dengan
berbahan dasar singkong ini akan dapat menarik perhatian seseorang dengan rasa
yang dihasilkan dan juga menjadikan seseorang yang semula tidak menyukai
singkong menjadi suka dengan olahan es krim dari singkong ini.
BAB II
PEMBAHASAN
1.
Aspek
produk
a.
Jenis
produk usaha
Usaha ini akan
memproduksi es krim dengan bahan dasar singkong. Produk yang dihasilkan akan
dikemas dalam cup ukuran sedang dengan ditaburi misis diatasnya.
b.
Jumlah
produk yang dibuat
Dalam sehari
dibuat es krim sebanyak 60 cup dan dalam
sebulannya yaitu 24 hari dapat memproduksi 1440
cup. Jumlah tersebut akan bertambah jika dalam masa ramai.
c.
Waktu
kegiatan produksi
Kegiatan
produksi dilakukan setiap hari mulai jam 10 pagi, kecuali hari minggu libur.
d.
Bahan
dan peralatan yang dibutuhkan
Dalam sehari,
target penjualan es krim singkong ini adalah minimal 65 pcs dengan biaya bahan
baku sebagai berikut:
Bahan
|
Jumlah
|
Harga
|
Singkong
|
3kg
|
Rp. 6.000
|
Santan
|
500
ml
|
Rp.
30.000
|
Susu
kental manis
|
7 sachet
|
Rp.
15.000
|
Vanilla
bubuk
|
5
bungkus kecil
|
Rp.
3.000
|
Gula
pasir
|
10
sdm
|
Rp.
5.000
|
Garam
|
3sdt
|
Rp. 1.000
|
Air
|
800
ml
|
Rp. 5.000
|
Jumlah
|
Rp. 65.000
|
Peralatan yang
digunakan adalah sebagai berikut:
Nama
peralatan
|
Jumlah
|
Harga
|
Gerobak
|
1 buah
|
Rp 1.000.000
|
Kompor
|
1 Buah
|
Rp 500.000
|
Gas LPG
|
1 buah
|
Rp
16.000
|
Panci
|
2 buah
|
Rp 80.000
|
Freezer / kulkas
|
1 buah
|
Rp 2.000.000
|
Pengaduk
|
2 buah
|
Rp
15.000
|
Pisau
|
1 buah
|
Rp
8.000
|
Blender
|
1 buah
|
Rp 500.000
|
Mangkok
|
1 buah
|
Rp
10.000
|
Baskom
|
1 buah
|
Rp
15.000
|
Cup tempat es krim + sendok
|
6 lusin
|
Rp 60.000
|
Total
|
Rp 4.204.000
|
e.
Proses
produksi
Cara membuat es
krim singkong:
a.
Kupas
singkong, pisahkan dari kulit dan bersihkan sampai bersih.
b.
Potong-potong
dan kukus hingga matang dan dinginkan, rebus air hingga mendidih dan kemudian
masukan gula, biarkan mendidih beberapa saat. Tambahkan susu kental manis,
santan dan garam aduk hingga merata.
c.
Selagi
mendidih, masukan singkong rebus yang sudah dihancurkan dan sudah dipisahkan
dengan seratnya. Kemudian aduk-aduk sampai menyatu.
d.
Angkat
kemudian tuangkan kedalam wadah. Bekukan dalam freezer dan kemas dengan baik.
f.
Rencana
perluasan bisnis
Jika ada
tanggapan positif dari semua pihak dan ada modal yang mendukung rencananya kami
akan membuka cabang outlet kami ke beberapa daerah, sehingga produk kami dapat
dikenal oleh semua kalangan.
2.
ASPEK ORGANISASI DAN MANAJEMEN
1. Struktur
Organisasi
Bisnis ini
dimiliki oleh perorangan dengan jumlah 3 orang staff/karyawan
Job
Description :
Ø
Pemilik Usaha (1 orang)
Bertindak sebagai manager yang
bertugas untuk mengawasi dan memantau kinerja pegawai/karyawan.
Ø
Karyawan ( 3 orang)
o Bertugas
menyiapkan peralatan dan bahan baku untuk pembuatan Es Krim Singkong “Bing
Qi Lin Kong”.
o Bertugas
menyiapkan Es Krim Singkong yang sudah dipesan.
o Melakukan pembersihan
terhadap peralatan yang sudah dipergunakan dalam pembuatan Es Krim Singkong.
o Melayani dan
menerima pesanan dari setiap pembeli yang datang.
o Merapikan
tempat penjualan setelah tutup.
2. Pembagian Kerja
Pemilik Usaha
|
·
Mengelola usaha, mengawasi, serta
memimpin karyawan dalam melakukan tugas.
·
Memberikan arahan mengenai tata
cara bekerja dan melayani konsumen.
·
Menerima masukkan dari konsumen
dan menyalurkan masukkan tersebut kepada pemimpin untuk direalisasikan.
·
Melakukan managemen kerja dan keuangan.
|
Karyawan
|
·
Melayani konsumen dengan sopan,
ramah dan baik.
·
Memberikan kenyamanan penuh bagi
konsumen.
|
Pelanggan
|
·
Melakukan pemesanan produk
|
Alur
Produksi
ALUR PROSEDUR
Memberikan
Pesanan
|
Melakukan
Order
|
Pembeli
|
Bing Qi Lin Kong
Staff
|
Menerima
Pembayaran
|
Melakukan
Pembayaran
|
Menerima
dan Membuat Pesanan sesuai keinginan
|
Kasir
|
ANALISIS SWOT
Faktor Internal
1. Strength
(Kekuatan)
Harga dari Es Krim Singkong ini
terbilang cukup murah, sehingga dapat terjangkau oleh semua kalangan masyarakat
atau konsumen. Es Krim yang disajikan ini memiliki rasa yang berbeda dari es
krim yang lainnya, serta kualitas dan kebersihannya selalu di utamakan.
Sehingga konsumen merasa puas dengan pelayanan terbaik yang kami berikan.
2. Weakness
(Kelemahan)
Ketika cuaca sedang buruk dan tidak
bersahabat maka permintaan konsumen cenderung menurun. Faktor tempat juga
mempengaruhi keberlangsungan usaha ini, karena apabila lokasinya kurang begitu ramai
dilewati oleh masyarakat atau konsumen, maka permintaan produk pun akan
menurun. Adanya faktor kenaikan harga bahan baku yang tentunya akan
mempengaruhi permintaan konsumen karena apabila harga bahan baku naik maka
otomatis harga jual pun akan ikut naik yang tentunya akan mempengaruhi jumlah
permintaan konsumen akan produk.
Faktor Eksternal
1. Opportunities
(Peluang)
Karena cuaca yang terkadang sangat
terik dan panas maka makanan ini cocok untuk melepas rasa panas di dalam tubuh dan
juga tentunya melepas rasa lapar di dalam tubuh. Pemasaran akan lebih
difokuskan kepada masyarakat sekitar lokasi usaha dan tentunya akan berkembang
melalui pemesanan website online. Sebagian besar pedagang es krim singkong
hanya menyediakan varian dengan rasa singkong, oleh karena itu bila bisnis ini
sudah berkembang pesat kami bermaksud mengembangkan varian rasa yang lebih
banyak supaya dapat menarik minat konsumen dalam membeli produk.
2. Threats
(Ancaman)
Adanya kemungkinan persaingan usaha
yang cukup banyak dalam bidang yang sama. Apabila pelayanan yang diberikan
kepada konsumen kurang memuaskan maka tentunya akan membuat konsumen kecewa dan
secara tidak langsung membuat usaha perlahan bangkrut.
3. Solusi
Untuk mengatasi masalah tersebut,
maka kami dalam menjalankan usaha ini akan selalu berusaha memberikan pelayanan
dan kualitas produk yang terbaik kepada semua konsumen. Kualitas produk yang
baik dan pelayanan yang terbaik menjadi prioritas utama dalam menjalankan usaha
ini.
3.
Aspek
pemasaran
a. Segmen pasar
Konsumen yang dibidik dalam usaha ini adalah masyarakat luas baik dari
anak-anak, remaja maupun dewasa yang menyukai
olahan es krim, dan kami akan mengajak mereka, pecinta es krim untuk menikmati
inovasi es krim kami yang berbeda dengan yang ada di pasaran. Segmentasi pasar yang akan di capai adalah para
konsumen yang menginginkan cemilan
sehat berupa es krim singkong dimana rencananya kami akan memasarkan produk ini
ke tempat yang dekat dengan keramaian sehingga konsumen dari semua segmen dapat
terjangkau.
b. Promosi
a)
Memasang
spanduk pada outlet kami sehingga orang yang lewat akan tertarik dan ingin
mencoba
b)
Membagikan
brosur
c)
Memasang
iklan via online
d)
Promosi
dari mulut ke mulut
c. Penetapan harga jual
Penetapan harga
jual produk ini dengan menggunakan metode BEP.
d. Strategi pemasaran
Strategi
pemasaran yang akan dilaksanakan dalam usaha bisnis es krim singkong ini kami
menggunakan strategi pemasaran 7P, antara lain sebagai berikut:
-
Product
Merupakan
strategi mengenai bagaimana produk usaha kita dapat menarik hati konsumen untuk
membelinya.
-
Price
Merupakan strategi
mengenai bagaimana produk kita lebih menarik konsumen dari segi harga
dibandingkan pesaing.
-
Promotion
Strategi
mengenai bagaimana produk kita dapat di kenal oleh konsumen melalui strategi
personal selling yaitu promosi melalui penjualan langsung ketempat konsumen
berada dengan menawarkan dan mencoba produk langsung.
-
Placement
Merupakan cara
untuk mendistribusikan produk kita untuk sampai ketangan konsumen. System
distribusi yang dilakukan dapat secara langsung ke konsumen atau melalui
pedagang perantara.
-
People
Merupakan
kriteria SDM secara umum yang dapat meningkatkan penjualan produk ke konsumen
secara langsung atau tidak langsung.
-
Process
Proses yang
ditampilkan kepada konsumen agar konsumen tertarik untuk membeli. Proses
tersebut seperti proses produksi yang baik atau proses pelayanan terhadap
konsumen.
-
Physical
Evidence
Adalah
penampilan fisik dari fasilitas pendukung atau sarana dalam menjual produk yang
dapat dilihat langsung oleh konsumen seperti tempat yang menarik dan bersih.
4.
Aspek
teknis
Usaha ini akan di buka di desa Rembun Kec. Siwalan
kab. Pekalongan, dimana
lokasi tersebut dekat dengan keramaian yang terletak dipinggir jalan Pantura.
5.
Aspek
finansial
a.
Sumber
modal
Pada aspek
keuangan bisnis ini mendapatkan modal dari modal sendiri sebesar Rp.4.500.000
Jumlah Modal Peralatan Rp 4.204.000
b.
Analisis
break event point
Jumlah biaya yang diperlukan:
·
Biaya bahan baku Rp 65.000
·
Biaya lain-lain
Cup es krim+sendok Rp 60.000
Isi ulang Gas LPG Rp 16.000
Jumlah biaya lain-lain Rp 76.000
Total Biaya Rp141.000
Harga pokok produksi per produk
Rp 141.000 : 60 = Rp 2.350 = Rp 2.400
Produk ini di jual dengan harga Rp 3.000
·
Penjualan minimal (BEP)
Rp 141.000 : Rp 3.000 = 53
Jadi penjualan minimal adalah sebanyak 53 cup es krim agar kembali modal.
c. Perhitungan laba rugi
·
Pendapatan
Penjualan 60 x Rp 3000 = Rp180.000
·
Pengeluaran
Biaya bahan baku Rp 65.000
Biaya lain-lain Rp 76.000
Jumlah pengeluaran Rp141.000
·
Laba bersih Rp
39.000 / hari
BAB III
PENUTUP
Kesimpulan
Berdasarkan uraian di atas dapat disimpulkan bahwa
dalam memilih suatu usaha perlu mengetahui terlebih dahulu berbagai macam hal
yang berhubungan dengan usaha yang didirikan. Seperti mengetahui peluang usaha,
lokasi yang strategis, pemasaran produk dan aspek-aspek lain yang berkenaan
dengan pendirian usaha, sehingga usaha yang akan dijalankan dapat berjalan
dengan baik. Bisnis es krim singkong ini merupakan suatu usaha skala kecil yang
dapat membantu menciptakan lapangan usaha baru, sehingga dapat mengurangi jumlah
pengangguran. Bisnis ini tidak memerlukan modal yang cukup besar, namun
memerlukan perencanaan yang matang. Serta kami dalam
menjalankan bisnis ini akan selalu berusaha memberikan
pelayanan dan kualitas produk yang terbaik kepada semua konsumen. Kualitas
produk yang baik dan pelayanan yang terbaik menjadi prioritas utama dalam
menjalankan bisnis ini.
Saran
1. Dalam mendirikan suatu usaha sebaiknya perlu dipersiapkan segala sesuatunya
dengan matang, tepat dan fokus sehingga usaha yang dijalankan dapat berjalan
dengan baik.
2. Dalam berwirausaha diperlukan keyakinan, percaya diri, serta keuletan.
3. Seorang
wirausaha haruslah selalu memiliki ide yang kreatif dan
inovatif serta selalu mengikuti trend dan selera
konsumen agar pelanggan tidak mudah bosan.
4. Semangat
wirausaha harus selalu tertanam dalam diri kita.
5. Jangan mudah
menyerah dan putus asa dalam menghadapi berbagai hambatan, rintangan dan masalah.
0 comments:
Post a Comment