CUP CORNY CORN
Diajukan untuk Memenuhi
Tugas Ujian Akhir Semester
pada Mata Kuliah Kewirausahaan
Dosen Pengampu: M. Taufiq
Abadi, M.M
Oleh:
Nur Aisah NIM. 2013114044
Aqilatul Ulya NIM.
2013114045
Ella Kholifiyah NIM. 2013114164
Bunga Sully Arzi NIM. 2013114165
Laila Zulfa NIM. 2013114174
Dwi Aryani Saputri NIM. 2013114194
Kelas: F
PROGRAM STUDI EKONOMI
SYARIAH
JURUSAN SYARIAH DAN
EKONOMI ISLAM
SEKOLAH TINGGI AGAMA
ISLAM NEGERI (STAIN)
PEKALONGAN
2016
KATA
PENGANTAR
Alhamdulillah puji
syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT., yang telah melimpahkan karunia-Nya
kepada kami, sehingga kami dapat menyelesaikan tugas proposal bisnis ini tepat
pada waktunya. Proposal bisnis ini disusun untuk memenuhi tugas ujian akhir
semester pada mata kuliah Kewirausahaan tentang Proposal Bisnis Cup Corny Corn.
Kami
mengucapkan terima kasih kepada Bapak M. Taufiq Abadi, M.M selaku dosen Kewirausahaan
yang telah membimbing kami agar dapat menyelesaikan proposal bisnis ini, serta
memberikan ilmunya kepada kami semoga ilmunya berkah dan menjadi aliran amal
hingga kelak di akhirat. Kami menyadari bahwa proposal bisnis ini sangat jauh
dari kesempurnaan. Oleh karena itu, kami menerima kritik dan saran guna
menyempurnakan proposal ini agar menjadi lebih baik. Untuk itu kami mengucapkan
banyak terima kasih.
Pekalongan,
Desember 2016
Penulis
DAFTAR
ISI
Halaman
KATA
PENGANTAR................................................................................... i
DAFTAR
ISI................................................................................................. ii
BAB
I PENDAHULUAN ........................................................................... 1
A.
Latar Belakang.............................................................................. 1
B.
Visi dan Misi................................................................................. 1
C.
Tujuan Usaha................................................................................. 2
BAB
II RINGKASAN EKSEKUTIF ......................................................... 3
A.
Profil Perusahaan........................................................................... 3
B.
Bidang Usaha................................................................................ 3
C.
Rencana Desain dan Pengembangan............................................. 3
D.
Rencana Operasi dan Manajemen................................................. 4
BAB
III ANILISIS PEMASARAN............................................................. 6
A.
Analisis SWOT.............................................................................. 6
B.
Analisis STP.................................................................................. 7
C.
Analisis Marketing Mix (Bauran
Pemasaran) 4P............................ 9
BAB
IV ANALISIS KEUANGAN............................................................. 12
BAB
V KESIMPULAN................................................................................ 16
BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang
Zaman dahulu orang membeli makanan hanya berpedoman pada
rasanya yang enak dan murah, ini terutama bagi kalangan masyarakat menengah ke
bawah, dua hal inilah yang menjadi prioritas utama dalam membeli makanan.
Mereka tidak begitu memikirkan kandungan gizi dan nutrisi yang terkandung di
dalam makanan yang mereka beli.
Akan tetapi akhir-akhir ini kecenderungan masyarakat kita
dalam membeli makanan adalah memeperhatikan rasa, gizi yang terkandung dalam
makanan tersebut baru memikirkan harga. Oleh karena itu olahan dari jagung bisa
menjadi pilihan konsumen untuk makanan ringan, contohnya olahan dari jagung
pipil yang direncanakan ini yaitu “Cup Corny Corn” dimana dari segi rasa, “Cup
Corny Corn” menawarkan berbagai rasa. Dari segi gizi juga memenuhi kebutuhan gizi
manusia karena mengandung karbohidrat, protein dan lain-lain. Dari segi harga,
harga “Cup Corny Corn” cukup terjangkau untuk semua kalangan masyarakat.
Usaha yang direncanakan adalah usaha industri kecil,
yaitu olahan dari jagung manis yang dipipil lalu direbus dan setelahnya diberi
bahan pelengkap seperti: keju parut, cokelat, dan saus.
Dengan faktor produksi yang relatif murah serta mudah
didapat, diharapkan bisnis usaha yang direncanakan ini memiliki berbagai aspek
yang dapat menguntungkan, bagi pribadi maupun orang lain.
B.
Visi dan Misi
Visi dari usaha “Cup Corny Corn” adalah:
“Menjadi Usaha Olahan Jagung pipil yang terpercaya
dan Inovatif”
Adapun Misi dari usaha “Cup Corny Corn” adalah:
1.
Menciptakan
produk cemilan sehat dan murah bagi masyarakat
2.
Membudidayakan
cemilan jagung di masyarakat
3.
Memperbaiki
gizi masyarakat melalui cemilan sehat
4.
Membuka
lapangan pekerjaan
C. Tujuan Usaha
Adapun tujuan dari usaha “Cup Corny
Corn” ini adalah:
1. Memperoleh keuntungan
2. Menciptakan varian yang beda dari
produk yang sudah ada di pasaran
3. Sebagai langkah awal untuk
melakukan promosi
4. Menambah uang saku
BAB
II
RINGKASAN
EKSEKUTIF
A.
Profil
Perusahaan
Nama Usaha : Cup Corny Corn
Alamat Usaha : Jl. RA. Kartini Pekalongan
Nama Pemilik : -Nur Aisah
-Aqilatul Ulya
-Laila Zulfa
Nama Penanggung Jawab : -Ella Kholifiyah
-Bunga Sully Arzi
-Dwi Aryani Saputri
Informasi bisnis yang dilakukan :
Bisnis usaha “Cup Corny Corn” ini sedang dalam perencanaan, dan akan
segera berkembang jika ada tindak lanjut.
B.
Bidang
Usaha
Cup Corny Corn bergerak dibidang cemilan sehat. Memilih bidang makanan
sehat karena usaha ini lah kita dapat memenuhi kebutuhan bahkan lebih.
Modal yang dikeluarkan pun tidak begitu banyak, namun keuntungan yang diperoleh
lebih dari cukup dari modal yang dikeluarkan. Usaha jagung pipil seperti ini
kami pikir sangat membantu untuk awal usaha dan terbilang sedikit pesaingnya.
Untuk sasaran pemasaran, Cup Corny Corn ini aman untuk dikonsumsi untuk segala
jenis usia khususnya anak-anak dan remaja.
C.
Rencana Desain dan Pengembangan
1. Tujuan Usaha Jangka Panjang
Menjadi
salah satu produk cemilan sehat yang terbuat dari jagung dengan berbagai olahan
sehingga menjadikan masyarakat tidak asing dengan cmeilan yang terbuat dari
sayur.
2. Strategi Pengembangan
a. Menambah varian rasa baru
b. Penambahan logo dan merek pada cupnya, sebagai sarana
promosi bagi konsumen
c. Menambah media promosi, yang tadinya hanya melalui
media sosial, dengan membuat dan menyebar brosur
3. Evaluasi dan Risiko
Tidak bisa
bertahan lama (maskimal satu hari), karena produk kami termasuk ke dalam
makanan basah dan tanpa bahan pengawet, oleh karena itu kami harus pandai –
pandai menjual produk hingga habis, selain itu kami harus memproduksi jenis
makanan lain yang terbuat dari jagung yang lebih awet.
4. Exit Plan
Kami akan
memberikan diskon 50% setiap tanggal 16 Oktober, sebagai peringatan hari pangan
dunia.
D.
Rencana Operasi dan Manajemen
1. Fasilitas
a. Menyediakan layanan pemesanan via online (facebook,
line, bbm), sms dan telepon.
b. Siap untuk mengantar pesanan terbatas hanya di wilayah
Kota Pekalongan.
2. Proses Produksi
a. Jagung manis mentah dikupas
b. lalu dicuci hingga bersih
c. setelah dicuci kemudian di pipil menggunakan pisau,
d. Setelah semua jagung dipipil, langsung kita kukus
(15-20 menit),
e. Kemudian siapkan cup/wadah, dan ditambah dengan
berbagai rasa sesuai permintaan konsumen.
3. Pengendalian Persediaan
Kami
menyediakan persediaan jagung pipil untuk 20 cup dalam sehari, namun jika
persediaan tersisa, kami akan mengurangi jumlah persediaan sesuai dengan
penjualan hari sebelumnya.
4. Kontrol Keuangan
a. Harus selalu tersedia uang tunai
b. Menyisihkan modal untuk berjaga – jaga
c. Tidak menggunakan uang perusahaan untuk kepentingan pribadi
d. Memasukkan pendapatan ke modal
BAB III
ANALISIS
PEMASARAN
A. Analisis SWOT
SWOT adalah singkatan dari kata-kata Strength (kekuatan perusahaan) Weaknesses
(kelemahan perusahaan), Opportunities
(peluang bisnis) dan Threats
(hambatan untuk mencapai tujuan).
Analisis SWOT adalah analisis yang terdiri dari analisis lingkungan
mikro yang bertujuan untuk mengetahui kekuatan dan kelemahan perusahaan, dan
analisis lingkungan makro yang bertujuan untuk mengetahui peluang dan ancaman
bagi perusahaan.” Menurut Kotler (2008 : 88) mengemukakan
bahwa : “Analisis SWOT adalah evaluasi terhadap
keseluruhan kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman.”
Analisis SWOT dari usaha Cup Corny Corn yang akan didirikan adalah
sebagai berikut:
Kekuatan dari
produk ini adalah:
a.
Produk ini sehat dan enak
b.
Memiliki inovasi dalam membuat produk
c.
Harga yang terjangkau
d.
Menggunakan bahan produk yang higienis dan
halal
Kelemahan dari
produk ini adalah:
a.
Kapasitas produksi yang terbatas
b.
Dukungan financial yang terbatas
c.
Kurangnya sarana promosi dan jaringan
pemasaran
d.
Tidak tahan lama
3. Opportunity (Peluang)
Peluang dalam
bisnis usaha yang direncanakan ini adalah
a. Memiliki tempat yang strategis
b. Bahan baku mudah didapat
c. Belum memiliki banyak pesaing dalam
produk yang sama
4. Threat (ancaman)
a. Mudah untuk ditiru
b. Konsumen cenderung bosan dengan variansi
rasa yang dimiliki
c. Konsumen cenderung beralih ke produk lain
yang memiliki harga lebih terjangkau
B. Analisis Strategi Pemasaran STP
Ada tiga unsur dalam strategi
pemasaran yaitu segmentation, targeting, dan positioning. Analisis STP ini akan
memberikan arahan tentang konsumen yang sebaiknya dituju. Pemilihan segmen
pasar yang tepat akan membuat produk diserap oleh segmen pasar yang memang
membutuhkan. Berikut kami jelaskan bagaimana analisis STP pada produk
Cup Corny Corn:
1. Analisis Segmentation Cup
Corny Corn
Kotler mendefinisikan segmentasi
pasar sebagai suatu proses untuk membagi pasar menjadi kelompok-kelompok
konsumen yang lebih homogen, dimana tiap kelompok konsumen dapat dipilih
sebagai target pasar untuk dicapai perusahaan dengan strategi bauran pemasarannya.
Segmentasi dibagi menjadi 4 kelompok yaitu:
a. Segmentation Demografis
Segmentation demografis konsumen terdiri dari umur, jenis
kelamin, pendapatan, agama, pendidikan dan lain-lain. Produk Cup Corny Corn ini
ditujukan untuk masyarakat umum pada khususnya untuk anak-anak dan remaja,
karena produk ini adalah jajanan yang sehat dan cukup terjangkau bagi kantong
mereka.
b. Segmentation Geografis
Segmentation geografis antara lain:
wilayah, ukuran daerah, ukuran kota, dan kepadatan iklim. Produk Cup Corny Corn
cocok untuk iklim di Indonesia. Pada saat musim hujan maupun kemarau produk ini
tetap enak di konsumsi.
c. Segmentation Psikografis
Segmentation psikografis meliputi gaya
hidup, kelas sosial, kepribadian, persepsi, serta sikap. Produk Cup Corny Corn
ini sesuai dengan gaya hidup masyarakat sekarang yang konsumtif. Produk ini
merupakan solusi bagi masyarakat umum khususnya anak-anak dan remaja yang gemar
mencoba atau mencicipi produk baru.
d. Segmentation Behavioristis
Segmentation
behavioristis meliputi manfaat-manfaat yang dicari. Produk Cup Corny Corn
dicari oleh masyarakat dikarenakan selain harganya terjangkau, produk ini juga
merupakan jajanan sehat yang baik untuk dikonsumsi masyarakat.
2. Analisis Targeting Cup
Corny Corn
Menurut Philip Kotler, Target market adalah
keputusan pasar yang akan dituju oleh perusahaan yang terdiri dari jumlah
pembeli yang memiliki kebutuhan dan karakteristrik tertentu.
Targeting yaitu proses menyelesaikan target
market yang tepat unuk memproduksi dan service dari perusahaan.
Target market produk Cup Corny Corn adalah remaja dan anak-anak
dari kalangan menengah kebawah maupun menengah keatas yang sering beraktivitas
sehingga membutuhkan tambahan gizi yang cukup.
3. Analisis Positioning Cup
Corny Corn
Positioning adalah bagaimana untuk
meningkatkan sekaligus menempatkan produk yang kita buat terhadap pesaing kita
dalam pikiran konsumen, dengan kata lain positioning dipakai untuk mengisi dan
memenuhi keinginan konsumen dalam kategori tertentu.
Produk Cup Corny Corn memposisikan
dirinya sebagai makanan ringan atau camilan yang mempunyai nilai gizi yang baik
dan praktis untuk dikonsumsi. Selain itu produk ini sebagai makanan ringan
untuk penunda lapar karena bahan pokok dari produk ini berupa jagung yang
merupakan sumber karbohidrat.
C. Analisis Marketing Mix (Bauran
Pemasaran) 4P
1. Product
Produk adalah segala sesuatu yang dapat ditawarkan kepada pasar
untuk mendapat perhatian, dimiliki, digunakan atau dikonsumsi, yang meliputi
barang secara fisik, jasa, kepribadian, tempat,organisasi, dan gagasan atau
buah fikiran. Dalam strategi bauran pemasaran, strategi produk merupakan unsur
yang paling penting karena dapat mempengaruhi strategi pemasaran lainnya.
Produk dari usaha ini adalah jagung pipil di dalam cup yang
ditambah dengan berbagai macam rasa tambahan. Nama produk ini adalah Cup Corny
Corn, kami memilih nama ini karena dari segi namanya unik, yang dapat menarik
perhatian konsumen. Produk Cup Corny Corn memiliki berbagai variansi rasa yaitu
original, keju+saos, dan coklat+keju.
2. Price
Harga adalah salah satu dari
sarana bauran pemasaran yang digunakan oleh perusahaan untuk mencapai tujuan
pemasaran. Harga suatu produk merupakan faktor penentu permintaan pasar pada
suatu barang atau produk. Harga berpengaruh terhadap posisi kompetitif perusahaan
dan pangsa pasarnya.karena itu, harga menentukan pendapatan perusahaan dan laba
bersih.
Harga produk Cup Corny Corn sebesar Rp 5.000 per cup. Harga ini
cukup terjangkau untuk camilan sehat dan enak seperti Cup Corny Corn.
3. Place
Tempat biasa disebut dengan
saluran distribusi adalah bagian dari marketing mix yang juga memiliki
peranan penting untuk menunjang keberhasilan usaha.
Untuk mendapatkan keuntungan yang
lebih besar dibutuhkan strategi distribusi yang tepat untuk menyalurkan barang
dagangannya ke konsumen. Usaha Cup Corny Corn ini memilih saluran distribusi
langsung yaitu saluran distribusi dari produsen ke konsumen tanpa perantara.
Dalam hal ini kami membuka layanan delivery bagi konsumen, kami akan langsung
mengantarnya ke rumah atau tempat yang diinginkan konsumen. Layanan delivery
ini dikhususkan pada hari Sabtu. Layanan ini memudahkan bahkan meningkatkan
kepuasan konsumen karena mereka merasa terbantu dengan adanya layanan delivery,
dimana pada hari sabtu yang umumnya hari libur (weekend) yang orang-orang malas
untuk beranjak keluar rumah. Layanan delivery ini cakupan daerahnya cukup yaitu
2 km hingga 3 km dari lokasi penjualan. Layanan delivery dapat di nikmati dari
pukul 08.00 WIB sampai 16.00 WIB dan layanan ini berlaku untuk setiap pemesanan
minimal 3 cup.
Kemudian pada hari Senin sampai
hari Jum’at konsumen membeli Cup Corny Corn dengan cara mendatangi langsung
penjual atau tempat penjualan. Tempat penjualan sangat berpengaruh terhadap
jumlah konsumen, makin jauh dari tempat penjualan, konsumen makin malas membeli
karena biaya transportasi untuk mendatangi tempat penjualan semakin mahal. Maka
tempat yang strategis menjadi sangat penting. Usaha Cup Corny Corn terletak di
Jalan RA Kartini Pekalongan tepatnya di depan Alfamart. Kami memilih tempat ini
karena tempatnya cukup strategis, dimana banyak orang yang berlalu lalang dan
di sekitar Alfamart juga ada warnet, serta sekolah-sekolah dari mulai TK, SD,
SMP, SMA. Waktu penjualan di tempat ini mulai dari pukul 09.00 WIB sampai 17.00
WIB.
4. Promotion
Promosi adalah kegiatan yang ditunjukkan untuk memprngaruhi konsumen agar mereka dapat
menjadi kenal akan produk yang ditawarkan oleh perusahaan kepada mereka dan
kemudian mereka menjadi senang lalu membeli produk tersebut. Promosi penjualan
meliputi berbagai sasaran promosi yang didesain untuk memotivasi respon pasar
lebih awal. Oleh sebab
itu perlu dilakukan promosi karena promosi itu kegiatannya memperkenalkan dan
mengingatkan kembali akan suatu produk, penjualnya maupun pembuatnya. Dengan adanya promosi kita mengharapkan kenaikannya angka
penjualan.
Dalam mempromosikan produk ini, kami menggunakan media sosial
seperti instagram, bbm, facebook, dan line. Untuk layanan delivery hanya
menggunakan media sosial bbm dan line, serta bisa menggunakan via telepon dan
sms. Untuk layanan delivery ini free ongkir. Untuk layanan delivery ini free
ongkir dengan minimal pemesanan sebanyak 5 cup.
Namun layanan delivery free ongkir hanyak untuk konsumen di wilayah Kota
Pekalongan.
BAB IV
ANALISIS KEUANGAN
1. Biaya
Investasi
Investasi
|
Harga
satuan
|
Banyaknya
|
Jumlah
|
Gerobak etalase
|
Rp 1.000.000
|
1
|
Rp 1.000.000
|
Panci kukusan
|
Rp300.000
|
1
|
Rp300.000
|
Kompor gas
|
Rp400.000
|
1
|
Rp400.000
|
Toples kecil
|
Rp5.000
|
2
|
Rp10.000
|
Solet kecil
|
Rp10.000
|
2
|
Rp20.000
|
Parutan keju
|
Rp5.000
|
2
|
Rp10.000
|
Sendok
|
Rp1.000
|
6
|
Rp10.000
|
Tempat sendok
|
Rp5.000
|
1
|
Rp5.000
|
Centong
|
Rp5.000
|
1
|
Rp5.000
|
Total
|
Rp 1.760.000
|
2. Biaya
dalam sebulan
a. Suplies
per 2 hari
Bahan
Baku
|
Harga
satuan
|
Banyaknya
|
Jumlah
|
Isi ulang gas
|
Rp 17.000
|
1
|
Rp 17.000
|
Jagung pipil
|
Rp 3500 per bungkus (isi 3)
|
10 bungkus
|
Rp 35.000
|
Total
|
Rp 52.000
|
b. Suplies
selama sebulan
Bahan Baku
|
Harga satuan
|
Banyaknya
|
Jumlah
|
Margarine
|
Rp 3300
|
30 sachet
|
Rp 99.000
|
Cokelat ceres
|
Rp 14.500
|
15 sachet uk. 225gr
|
Rp 217.500
|
Susu vanilla
|
Rp 7000
|
10 kaleng
|
Rp 70.000
|
Saus sambal
|
Rp 4000
|
5 botol
|
Rp 20.000
|
Keju batang
|
Rp 12.500
|
5 bungkus
|
Rp 62.500
|
Plastik kantong
|
Rp 4000
|
5 pack
|
Rp 20.000
|
Gelas cup
|
Rp 2000
|
50 lusin
|
Rp 100.000
|
Sendok plastik
|
Rp 1500
|
50 lusin
|
Rp 75.000
|
Rp 664.000
|
c. Total
Variable Cost
Suplies
per 2 hari = Rp 52.000 X 13 = Rp 676.000
Suplies
2 hari + suplies selama sebulan
Rp
664.000 + Rp 676.000 = Rp 1.340.000
3. Biaya
Penyusutan Investasi dalam sebulan
Investasi
|
Waktu
|
Hitungan
|
Jumlah
|
Gerobak etalase
|
5 tahun
|
1/60 x Rp 1.000.000,-
|
Rp 16.666
|
Invetasi lain – lain
|
2 tahun
|
1/24 x Rp 760.000,-
|
Rp 31.666
|
Total
|
Rp 48.332
|
4. Perhitungan
Harga
Harga
pokok:
Biaya
variable cost =
Rp 1.340.000
HPP
per porsi =
Rp 1.340.000
520
=Rp
2.577
Harga
jual:
HPP = Rp 2.577
Laba yang diinginkan = Rp 2.423
Total = Rp 5.000
Presentase keuntungan = 48,5%
5. Total
Cost
TC
= FC + VC
= Rp 1.760.000 + 1.340.000
= Rp 3.100.000
6. Hasil
Penjualan
Hasil
= Harga Jual X Hasil
Produk
= Rp 5000 X 520
= Rp 2.600.000
Laba
Kotor = Rp 2.600.000 – Rp
1.340.000
=
Rp 1.260.000
Beban
lain selama sebulan
Biaya
Listrik = Rp 100.000
Biaya
Telepon = Rp 100.000
Biaya
Bensin = Rp 100.000 +
Total =
Rp 300.000
Laba
Bersih = Rp 1.260.000 – Rp
300.000
= Rp 960.000
7. Break
Event Point (BEP)
Unit
hari 1 bulan lebih 9 hari sudah BEP
BAB V
KESIMPULAN
Demikian
proposal bisnis ini kami buat dengan mempertimbangkan seluruh aspek usaha
maupun peluang usaha yang mungkin dapat kami masuki dalam dunia bisnis kedepannya.
Dengan adanya proposal bisnis produk “Cup Corny Corn” ini diharapkan dapat
memenuhi kebutuhan pasar atau konsumen khususnya masyarakat Pekalongan.
Apapun
usaha yang direncanakan harus memperhatikan segala macam pandangan ataupun peluang yang ada. Karena itulah kunci
akan berhasilnya suatu usaha yang akan dijalankan. Dan merupakan tantangan bagi
wirausahawan muda yang selalu dituntut untuk dapat beradaptasi dengan
persaingan bisnis yang amat ketat. Sehingga dari hal tersebut dapat diketahui
bahwa peluang bisnis akan tercipta bila kita mampu menciptakannya. Karena saat
ini tentu sangat sulit bagi calon pengusaha muda untuk dapat memasuki dunia
bisnis tanpa benar-benar jeli dan paham mengenai bisnis apa yang akan ia
geluti.
Maka
dengan adanya proposal bisnis ini diharapkan dapat memberikan sedikit pandangan
bahwa peluang bisnis jagung pipil ini sangat menjanjikan, namun semua itu juga
harus disertai dengan kemampuan membaca peluang yang baik dan pengolahan
(manajemen) yang baik. Dan yakinkan bahwa bisnis apapun yang anda laksanakan
dapat bersaing dan berkembang sesuai harapan.
0 comments:
Post a Comment